Kamis, 02 Maret 2017

Berbagai Tips Tentang Makanan Sehat Buat Anak-Anak



Artikel ini akan menjelaskan mengenai berbagai tips tentang makanan sehat untuk anak-anak. Sampai saat ini, para pedagang yang berjualan telah menjamur dengan segala macam makanan yang dibuatnya. Mereka sambil berkeliling di sebuah kompleks atau perumahan bahkan di tempat-tempat umum misalnya saja depan sekolah, depan supermarket ataupun tempat perbelanjaan lainnya. Biasanya makanan yang diperdagangkan mempunyai cita rasa yang enak dan gurih sehingga anak-anak sangat menggemari untuk jajan dengan makanan tersebut. Akan tetapi dibalik rasa enaknya makanan tersebut, tak dapat dipungkiri bahwa ternyata ada kemungkinan besar makanan yang didagangkan oleh pedagang tersebut mengandung zat kimia yang sangat berbahaya bila dikonsumsi.

Berbagai tips tentang makanan anak-anak perlu diperhatikan dan dipahami misalkan saja pada zat kimia yang ada di jajanan anak sekolahan dapat dijumpai sehingga dikhawatirkan terdapat zat pengawet, pemanis buatan bahkan zat pewarna pada makanan tersebut. Bahkan para pedagang kadang pula memakai bahan-bahan yang berasal dari pewarna tekstil. Hal ini dapat dirasakan oleh kita sendiri melihat perbedaan antara makanan yang alami dengan makanan yang berasal dari zat berbahaya.

Zat berbahaya seperti bahan pengawet atau pemanis buatan dapat dijumpai pada jajanan sekolah dan akan bisa berdampak negatif bagi kesehatan anak.

Secara umum makanan yang kurang sehat dapat disebabkan karena adanya proses pengolahan dan cara penyajian yang tata kebersihannya kurang diperhatikan sama sekali oleh para pedagang. Sehingga dapat menimbulkan risiko penyakit yang menganggu kesehatan tubuh terutama bagi anak-anak kita sendiri yang sungguh gemar mencicipi jajanan di luar rumah tersebut.Saat ini, anak-anak yang memasuki pra remaja mulai menjalani pola makan sehat. Hal itu, salah satunya disebabkan karena adanya kebiasaan makan sehat yang sedang tren sekarang.

Berbagai tips tentang makanan anak-anak menjadikan peran orang tua melibatkan anak-anak mereka dalam menerapkan pola makan yang menyehatkan. Sehingga mereka tidak akan masuk dan terjebak pada kebiasaan untuk mengonsumsi makanan yang cepat saji. Makanan cepat saji sekarang pun sudah menjadi tren untuk kalangan anak-anak. Jadi kini saatnya untuk menyadarkan anak-anak kita bahwa sayuran dan buah-buahan sungguh lebih sehat dibandingkan makanan yang cepat saji serta libatkan anak-anak kita untuk segera mengetahui makanan baik dan sehat bagi pertumbuhan mereka.



Promosi makanan cepat saji sudah membludak sehingga anak-anak lebih menggemarinya daripada makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan
Image Courtesy of  artemisphoto/ FreeDigitalPhotos.net

Berbagai tips tentang makanan dalam memilih sumber makanan yang  sehat untuk anak-anakMakanan sehat yang cocok bagi anak-anak untuk nutrisi protein yaitu dengan memberikan telur, susu kedelai atau produk susu yang lain dan beraneka rasanya, serta kacang-kacangan. Dapat diketahui bahwa biji-bijian dan kacang-kacangan sangat bermanfaat bagi asupan kebutuhan protein untuk anak kita.

Zat besi yang terkandung pada makanan dan baik untuk anak-anak seperti roti ataupun sereal. Keduanya adalah pilihan tepat bagi kebutuhan zat besi pada anak-anak kita. Sedangkan contoh makanan sehat lainnya terdapat pada sayuran yang berwarna hijau, susu kedelai, tahu atau tempe, dan kacang-kacangan. Pada makanan sehat tersebut merupakan sumber zat besi yang terbaik.

Pada nutrisi kalsium bagi anak-anak dapat mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran brokoli karena sayuran ini mengandung kalsium yang sempurna. Jadi mereka yang memiliki rasa bosan terhadap keseringan mengonsumsi susu maka sayuran berwarna hijau itu atau brokoli bisa menjadi pilihan anak-anak bagi zat kalsium di tubuhnya.

Sayuran Brokoli mengandung kalsium yang sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan anak-anak
Image Courtesy of satit_srihin / FreeDigitalPhotos.net

Anak-anak yang sering kena sinar matahari sudah pasti membutuhkan makanan yang bersumber vitamin D. Maka untuk mendapatkannya, anak-anak kita perlu mrngonsumsi jus jeruk, kuning telur dimana telurnya bukan berasal dari telur ayam ras melainkan telur kampong yang kandungan gizinya kompleks bagi pertumbuhan anak.

Sumber makanan sehat yang berserat sangat baik bagi tubuh anak-anak. Makanan berserat dapat diberikan dengan mengonsumsi roti dan biji-bijian dalam asupan anak-anak. Makanan berserat pun baik dikonsumsi oleh tubuh dalam jumlah yang sesuai kebutuhan karena dapat memberikan manfaat yang besar terutama melancarkan proses pencernaan.

Makanan berserat baik untuk asupan gizi anak-anak terutama kesehatan untuk proses pencernaan
Image Courtesy of  Supertrooper / FreeDigitalPhotos.net

Tips untuk membentuk pola makan sehat anak-anakMemiliki pertanyaan besar dan penting bagi seorang Ibu yaitu ketika anak akan mengatakan bahwa “Apa yang akan dimakan”. Jadi kita perlu meningkatkan pengetahuan mengenai kebutuhan gizi balita, susunan menu yang kreatif, jenis makanan serta jangan lupa untuk menciptakan suasana yang begitu menyenangkan ketika makan.Ibu harus mengetahui bahwasanya harus menjaga sikap dan jangan langsung pasrah atau menyerah saat makanan siap disantap saat anak mengatakan jika ia tidak menyukainya makanannya. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui mengenai penelitian yang membuktikan bahwa ketika mau menawari anak tentang makanan baru, maka diperlukan sebanyak 10 kali kesempatan untuk saat yang berbeda dan baru bisa mencapai titik keberhasilan. Jadi Ibu harus memegang motto hidup yaitu “Coba dan Coba lagi” untuk segera diaplikasikan bagi kebutuhan anak. Tak lupa pula untuk memperkenalkan secara rutin rasa yang baru terhadap anak-anak.Menjadi seorang Ibu berarti harus bisa menjadikan dirinya sebagai panutan, teladan bahkan idola bagi anak-anak. Maka perlu menyiapkan dan menyantap untuk berbagai jenis makanan. Sehingga anak dapat segera melihat ibu dan anggota keluarga lainnya ketika bersantap menikmati makanan. Dan hendaklah duduk di samping anak dan melihat reaksinya.Perlu untuk menekankan sikap positif secara kuat terhadap makanan anak melalui dengan memberikan komentar yang positif tiap kali saat anak akan menyantap makanan sehat dan mencoba untuk makan secara benar.Memanfaatkan selera makan anak dan patut untuk mengembangkan selera makannya serta memberikan makanan yang sesuai waktu yang ia inginkan.Mencoba membuka lingkungan dan suasana makan yang penuh ketenangan dan terhindar rasa emosional.Jangan sekali-kali untuk melarang dan memaksakan makanan tertentu kepada anak karena akan berimbas yang negatif terhadap pola makan sehat untuk anak.Maka sebagai orang tua yang baik, kita harus menjaga sikap bahwa jangan sampai terlena dan membiarkan untuk jajan sembarangan terhadap kebiasaan anak yang tidak baik di mata orang tua. Jadi perlu ada pengetahuan dalam berbagai tips tentang makanan anak yang sehat. Jajanan yang sembarangan itu merupakan jajanan tidak sehat dan akan bisa menyebabkan bahaya bagi kondisi kesehatan anak. Secara idealnya saja kita senantiasa harus berusaha semaksimal mungkin untuk menyiapkan makanan dari rumah persiapan bekal anak-anak apabila mereka sudah mulai sekolah.

Membuat bekal dari rumah buat anak yang menarik dan menyehatkan dapat membantu anak untuk tidak jajan sembarangan
 Image Courtesy of  Marcus / FreeDigitalPhotos.net

Untuk berbagai tips tentang makanan anak maka disini harus ada penekanan peran orang tua karena sangat memicu terhadap pola makanan sehat bagi anak-anak. Jadi sebaiknya mulai belajar dengan membuat berbagai aneka jajanan yang menarik perhatian anak-anak dan tentunya menyehatkan agar kesehatan dapat terjaga dengan baik sehingga anak-anak tidak lagi berjajan di luar rumah atau di sekolahnya. Tidak menutup kemungkinan juga bahwa meskipun orang tua sudah menyiapkan bekal dari rumah kadang pula anak masih lebih memilih dan mencoba untuk berjajan sendiri. Hal ini dikarenakan oleh padatnya kegiatan di lingkungan sekolah ataukah kurang menarik bekal yang sudah disiapkan.

Maka untuk itulah orang tua harus cerdas dalam membuat aneka jajanan yang sungguh menarik baik itu dari segi penampilan maupun rasanya sehingga anak akan berhenti untuk membeli jajanan luar yang sangat kotor dan tidak menyehatkan. Selain itu, yang perlu diingatkan pula dengan memberikan pemahaman mengenai cara dalam memilih jajanan sehat terhadap anak-anak. Hal tersebut sangat berguna agar anak-anak senantiasa mulai belajar dan menjaga kesehatannya sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar